Total Tayangan Laman

Senin, 27 Februari 2012

Filosofi Bunga Krisan

Filosofi Bunga Krisan 
Bahasa latin bunga krisan adalah crhysantemum. Bunga krisan masih tergolong ke dalam famili yang sama dengan bunga aster dan daisy, yaitu famili Asteraceae. Bunga krisan dapat berarti persahabatan, keceriaan, dan kebahagiaan. Disebut pula bahwa arti tradisional dari krisan adalah kecantikan dan kemurnian. 
kenapa saya menggunakan Blog saya dengan nama bunga krisan? 
pertanyaan ini mengingatkanku ketika aku naek kreta Pandanwangi jurusan jember-Banyuwangi bersamanya. dia sangat suka bunga krisan karena mengandung filosofi  yang dalam. "Bunga krisan itu sangat indah, ketika dia berada di lingkungan yang kurang mendukung, dia akan sangat survive" katanya. waktu itu aku ga tau sama sekali apa bunga krisan, aku hanya tau kalau andrea hirata pernah mencantumkan bunga krisan dalam puisinya yang da di buku best sellernya " Sang Pemimpi". 

"ketika bunga krisan kita celupkan di atas teh hangat, maka dengan segera dia akan mekar, bkan malah menguncup" kata2 itu yang mengilhamiku untuk bwat blog ini dengan nama krisan. . . .
aku juga ga tau apakah dia benar apa tidak tapi yang jelas salah atau benar ga penting bagiku, yang penting aku percaya ma dia. . . .. .  huhuhuh



*itu ceritaku, apa ceritamu???


Minggu, 26 Februari 2012

Mengatasi Masalah tanpa Masalah


orang hidup selalu punya masalah, baik masalah keluarga, kuliah, lingkungan, ataupun yang lainnya. sebenarnya apa sh yang dimaksud masalah? kata pak dosen, masalah adalah sesuatu yang tidak mengenakkan kita. sebenarnya masalah itu sifatnya relatif, tergantung bagaimana seseorang menyikapi sesuatu yang dianggapnya masalah. seandainya masalah itu dijalani dengan enjoy, tanpa kita sadari kita akan mudah menyelesaikan permasalahan tesebut. 
orang biasa mengatakan suatu hal itu masalah karena mereka menganggap sesuatu itu masalah. sehingga tanpa mereka sadari masalah tersebut menjadi masalah yang sebenarnya. jadi peran sugesti sangat berperan penting dalam menghadapi masalah. intinya kita harus sealu berfkiran positif meskipun suasananya negatif. fikiran positif akan memunculkan ide-ide positif.
dalam dunia ini tidak ada yang namanya masalah yang besar, kadang orang berkata "huft... masalahku terlalu berat" sebenarnya itu salah. berat tidaknya suatu masalah tergantung kita yang menjalani masalah tersebut. misalnya semua orang pasti menganggap bahwa seorang presiden menangani masalah yang besar, masalah yang menyangkut hajat hidup orang banyak, buktinya kursi presiden jadi rebutan. padahal semua orang mengetahui kalau jadi presiden akan memikul masalah orang banyak. berarti dapat disimpulkan bahwa mereka yang berebut istana negara adalah mereka-mereka yang menganggap masalah hajad hidup orang banyak (negara) adalah masalah kecil, dan mereka merasa mampu menjalankan amanah tersebut. 
bicara soal masalah saya jadi ingat kata-kata almarhum gus dur "gitu aja kok repot". saya sangat suka kata-kata tersebut. kata tersebut bukan menganggap ringan suatu masalah, justru menganggap berat suatu masalah. mengapa? karena dengan berkata demikian, kita akan tersugesti bahwa kita bisa mengatasinya. bekerja pun akan santai tapi serius. sehingga hasilnya akan maksimal...:-
saran saya :
  1. berfikir positif agar muncul insting positif
  2. santai tapi fokus pada masalah yang dihadapi
  3. yakinlah bahwa diri anda hebat dan akan menyelesaikan masalah anada dengan hebat
  4. gunakan hati jika ingin dapat pencerahan dan gunakan akal untuk berfikir
  5. jika anda merasa tidak sanggup menyelesaikan masalah tersebut, curhatlah pada sang maha memberi masalah agar dibukakan jalan

Bodoh atau Baik???

kadang q tak bisa membedakan antara bodoh dengan baik, kalau di eja pastinya sangat terlihat dengan jelasnya perbedaan kedua kata tersebut . . . . .
sangat sering sekali tmen2ku bilang kalau aku ini pandai tapi bodoh, padahal ya nggak juga seh. . . hehehe
parahnya lagi ketika ayahku sendiri yang bilang " sbenarnya aku ga tau nak jalan fikiranmu, kamu itu bodoh atau terlalu baik sih???" aku tanya ma dia "emang kenapa yah?"
dia bilang "amu tu jangan mudah percaya ma orang lain nak, meskipun dia tmen dketmu. okey saya tahu kaalu kamu ikhlas mau menolongya, tapi aku nak yang ga ikhlas kalau tmenmu memanfaatkan sifatmu" lanjutnya. "hoaalah pak, aku yakin kaalu aku tidak sendiri, aku punya tuhan yang menjagaku tiap detik. aku juga tau kalau tuhan itu maha kaya. maha mendengar, maha melihat. jadi aku fikir Dia tak kan lah tinggal diam melihat orang yang bergantung padanya didzalimi". kayaknya kata2 seperti itu emang menjadi alasan yang sulit di patahkan. . . hehehe


seperti kisah nyataku yang kedua kalinya ini,
tanggal 26 Februari 2012, ketika aku berangkat dari rumahku menuju Stasiun Kalistail, aku uda bertemu dengan kerumunan orang yang sedang bawa mayat, .. hmm sereeeem. . . aku tak berani mendahuluinya. . . ya itung2 menghormati laah. . . tak lama aku mengikutinya, eh dia uda mau belok menuu liang lahat, ya aku lanjutkan deh perjalananku. . .
baru jalan 3 km ktemu lagi ma kerumunan orang lagi ngiringi mayat. . . . "waduh, kehabisan tiket ntar aku nih"
untuk yang ini ni, aku ga mau ngalah ma tu mayat, masalahnya aku lebih takut kehabisan tiket daripada ma mayatnya. . . hahahahgs

sesampainya di Stasiun Kalistail aku mengantri di blakang sendiri, , , dengan sabar ku menanti giliranku bwat beli tiketnya . . .
satu, dua, tiga orang bergiliran beli tiket seharga Rp 4000 itu. nah sampailah giliranku beli tu tiket . . . sambil ngeluarin dompet nih, q bilang ke petugas "tiket jember satu mas"
petugasnya tertawa dan ga bilang apa2 langsung dia putar komputernya dan tunjukin ke aku kalau tiketnya barusan habis terjual, toeeeeng toeeng toeeng. . .
"ayolah mas masak ga bisa diusahain, ambil jatahnya glenmore atau kalibaru kek" rayuku. "maaf mas, kalau habis ya habis mas, ni yang masi ada tiket Glenmore, kalau mas mau silahkan beli dari stasiun Glenmore" tuturnya. "ow ayeeem, kalau beli dari glenmore lak yo mending naek bus aja atau suruh anter adek ku sampe jember sekalian. . .

huft, , ,  dengan sesal hati aku lari menuju stasiun berikutnya. . . cukup jauh juga jaraknya dari stasiun Kalistail. . . .  disana ternyata emang btul, tiket uda habis terjual. . . .. "hummm. . . . jurus merayuku kayaknya harus keluar nih" kataku dalam hati. dengan muka melas aku meminta tolong ma petugasnya. . . satu menit, dua menit aku meminta ga mempan juga, , ,  hmmmm aku bentak aja "pak, aku nih dari jauh-jauh dari desa jauh2 kmari masak ga bisa di usahakan??? tadi aku uda kehabisan di stasiun kalistail pak" dengan muka agak serem. "iya iya dek" dengan raut muka gugup. ahirnya aku di ambilkan jatah tiket kalibaru. . . hahahahah (dala hati aku tertawa).

sialku ga cuma disitu coy, sesampainya di Stasiun tujuan (Stasiun jember) aku kebingungan karena sopirku ga aktif nomernya,  di telfon di SMS ga di bales, ,   "huft kmana ya dia???"

sampai malam ku menunggu tak kunjung datang, ahirnya aku terpaksa tidur d kamar sebelah. . . .huftt. .. . . .