Total Tayangan Laman

Minggu, 26 Februari 2012

Mengatasi Masalah tanpa Masalah


orang hidup selalu punya masalah, baik masalah keluarga, kuliah, lingkungan, ataupun yang lainnya. sebenarnya apa sh yang dimaksud masalah? kata pak dosen, masalah adalah sesuatu yang tidak mengenakkan kita. sebenarnya masalah itu sifatnya relatif, tergantung bagaimana seseorang menyikapi sesuatu yang dianggapnya masalah. seandainya masalah itu dijalani dengan enjoy, tanpa kita sadari kita akan mudah menyelesaikan permasalahan tesebut. 
orang biasa mengatakan suatu hal itu masalah karena mereka menganggap sesuatu itu masalah. sehingga tanpa mereka sadari masalah tersebut menjadi masalah yang sebenarnya. jadi peran sugesti sangat berperan penting dalam menghadapi masalah. intinya kita harus sealu berfkiran positif meskipun suasananya negatif. fikiran positif akan memunculkan ide-ide positif.
dalam dunia ini tidak ada yang namanya masalah yang besar, kadang orang berkata "huft... masalahku terlalu berat" sebenarnya itu salah. berat tidaknya suatu masalah tergantung kita yang menjalani masalah tersebut. misalnya semua orang pasti menganggap bahwa seorang presiden menangani masalah yang besar, masalah yang menyangkut hajat hidup orang banyak, buktinya kursi presiden jadi rebutan. padahal semua orang mengetahui kalau jadi presiden akan memikul masalah orang banyak. berarti dapat disimpulkan bahwa mereka yang berebut istana negara adalah mereka-mereka yang menganggap masalah hajad hidup orang banyak (negara) adalah masalah kecil, dan mereka merasa mampu menjalankan amanah tersebut. 
bicara soal masalah saya jadi ingat kata-kata almarhum gus dur "gitu aja kok repot". saya sangat suka kata-kata tersebut. kata tersebut bukan menganggap ringan suatu masalah, justru menganggap berat suatu masalah. mengapa? karena dengan berkata demikian, kita akan tersugesti bahwa kita bisa mengatasinya. bekerja pun akan santai tapi serius. sehingga hasilnya akan maksimal...:-
saran saya :
  1. berfikir positif agar muncul insting positif
  2. santai tapi fokus pada masalah yang dihadapi
  3. yakinlah bahwa diri anda hebat dan akan menyelesaikan masalah anada dengan hebat
  4. gunakan hati jika ingin dapat pencerahan dan gunakan akal untuk berfikir
  5. jika anda merasa tidak sanggup menyelesaikan masalah tersebut, curhatlah pada sang maha memberi masalah agar dibukakan jalan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar